Rabu, 03 Januari 2018

Laporan Kunjungan ke Penerbit Mizan



Laporan Kunjungan ke Penerbit Mizan
A.    Pendahuluan
1.      Latar belakang
PT. Mizan adalah salahsatu lembaga yang berisikan tentang  kumpulam karya-karya tulis yang dihasilkan oleh orang-orang ahli dalam penulisan, PT. Mizan adalah lembaga penerbit buku terbesar yang menerbitkan buku-buku berjenis islami, buku cerita anak, novel dewasa, novel terjemahan, komik dan lain-lain.
Komunikasi penyiaran islam adalah salah satu jurusan yang melakuka program kunjungan ke PT Mizan yang diberikan pada Mata kuliah Jurnalisme Dakwah. Mahasiswa lulusan Komunikasi dan Penyiaran Islam dituntut untuk menghasilkan sebuah karya tulis yang dipublikasikan diberbagai industri penerbit.
Berdasarkan permasalahan tersebut dan dengan banyaknya manfaat dan peran sebagai penerbit maka kami melakukan kunjungan ke PT.Mizan. kami berusaha memberikan gambaran keadaan lapangan yang kami dapatkan saat mengunjung Penerbit Mizan dengan sebuah laporan umum tentang kunjungan ke PT Mizan. 

2.      Rumusan masalah
Merujuk pada latar belakang yang telah dikemukakan diatas, maka masalah yang penulis rumuskan ialah
1.     Bagaimana mahasiswa bisa menghasilkan karya yang dapat dipublikasikan di industri penerbit

3.      Maksud dan tujuan kunjungan
Berdasarkan permasalahan yang dikunjungi, maka maksud dari penulis tugas akhir ini adalah mempunyai tujuan khusus yang sangat bermanfaat bagi para mahasiswa/i. Sedangkan tujuan kunjungan ini adalah :
a.       Tujuan umum
1.      Untuk mengetahui lebih dalam tentang proses percetakan yang ada di PT.Mizan
2.      Untuk mengetahui pemahaman mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam tentang Mizan Publishing House
3.      Untuk memperluas pengetahuan yang dilakukan secara langsung mengunjungi tempat industri penerbit
b.      Tujuan khusus
1.      Untuk memenuhi tugas mata kuliah Jurnalisme Dakwah
2.      Sebagai bukti bahwa kami yang bersangkutan telah melakukan kunjungan ke tempat yang ditentukan yaitu PT.Mizan.

4.      Manfaat kunjungan
a.       Bagi mahasiswa
1.      Mendapatkan ilmu yang luas dari percetakan buku-buku
2.      Mendapatkan berbagai macam informasi aktual atau isu-isu kekinian yang terkait dengan pembuatan buku
3.      Mendapat gambaran sebagai penulis yang handal
b.      Bagi jurusan Kmonukasi dan Penyiaran Islam
1.      Dijadikan laporan sebagai akreditasi jurusan
2.      Mendapatkan informasi seputar kebijakan-kebijakan industri penerbit

5.      Pelaksanaan Kunjungan
         Kegiatan ini dilaksankan pada hari Kamis, 14 Desember 20117, dari mulai 10.30 WIB hingga selesai yang bertempat di Jl. Cinambo No. 135, Cisaranten wetan, Cinambo, Kota Bandung, Jawa Barat 40293. Peserta kunjungan terdiri sekitar kurang lebih 125 mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, dibimbing oleh Dr. Uwes Patoni, M.Ag Peserta beranhkat dari kampus sekitar pukul 10.00 WIB, tiba di PT. Mizan pukul 10.20. Menunggu beberapa menit acara pun langsung dimulai.

B.     Gambaran umum lembaga
1.      Profil singat PT. Mizan
Mizan Pustaka merupakan bagian dari Mizan Publika Group, salah satu penerbitan terbesar di Indonesia. Didirikan pada tahun 1983, publikasi awal terutama berupa buku terjemahan karya para pemikir terkemuka. Kini, Mizan Pustaka adalah penerbit yang berbasis luas dengan kekuatan dalam genre fiksi, kesehatan, buku bisnis, buku anak-anak, referensi, agama, dan non-fiksi populer.
Sebagai salah satu penerbit terkemuka di Indonesia, Mizan Pustaka membawa sejarah penerbitan yang membanggakan. Dari hanya tiga buku per bulan pada tahun-tahun pertamanya, Kelompok Mizan kini telah memproduksi total sekitar 600 buku per tahun dan berhasil menerbitkan banyak karya laris. Di dalam kelompok penerbitannya terdapat beberapa imprint dan lini seperti Qanita, Kaifa, Mizania, dan DAR! Mizan untuk buku anak dan remaja.
Mizan Pustaka memiliki reputasi dalam keunggulan kualitas produk serta komitmen pada pelayanan. Keahlian editorial kami, standar yang tinggi dalam desain dan nilai-nilai mendorong kami untuk bekerja keras memproduksi buku-buku terbaik. Berbagai buku yang diterbitkan oleh Mizan Pustaka telah secara teratur memenangkan penghargaan dari Asosiasi Penerbit Buku Indonesia. Banyak di antara karya penulis kami menempati daftar buku terlaris nasional dan penerima hadiah sastra besar di Indonesia.
Mizan Pustaka secara konsisten berada di garis depan dalam inovasi dan mengikuti perkembangan teknologi, Mizan Pustaka adalah penerbit Indonesia pertama yang menjadi mitra utama Google Book Search pada tahun 2008, dan sekarang siap untuk mendigitalkan konten dan produk sebagai e-book untuk memenuhi permintaan konsumen dan menghasilkan peluang bisnis tambahan.
PT Mizan Pustaka
Jln. Cinambo 135. Cisaranten Wetan,
Bandung 40294, Indonesia
Phone: +62 22 7834310
Fax: +62 22 7834311

2.      Sejarah PT. Mizan
         Mizan berarti “timbangan atau keseimbangan”. Secara epistemologi berarti upaya untuk-seperti sebuah hadits memngut hukmah, sebagai barang peninggalan kaum muslim yang hilang, dimana saja ditemukan
         Mizan adalah salah satu penerbitan terbesar di Indonesia. Yang didirikan pada tahun 1983, Mizan didirikan oleh sejumlah anak muda yang mendambakan sebuah kehidupan yang lebih baik bagi dirinya dan lingkungannya. Sebuah kehidupan yang hidup penuh dengan semangat keterbukaan dan tenggang rasa. Berbagai hikmah yang tercecer dipungut dan dikemas keudian disajikan dalam bentuk buku bagi mereka yang haus akan pemikiran-pemikiran segar yang membawa perubahan dari kemajuan. Mizan dengan cepat menyedot eprhatian pembaca muslm dengan buku pertamanya, Dialog Sunah-Syiah yang menjadi best seller dan pemberi citra Mizan sebagai penerbit Syi’ah, dan banyak judul buku yang diterbitkan karya-karya berbagai komunitas.
         Belakangan, pada 1990-an arah wacana dipilih Mizan yakni pemikiran-pemikiran islam populer yang mengedepankan pemikiran rasional. Akan tetapi Mizan tidak meninggalkan sama sekali ceruk-ceruk lama yang pernah digarapnya, dengan cara membangun anak-ana penerbit yang menyasar tema-tema dan segmen-segmen khusus, yakni Al-Bayan (tema-tema keislaman praktis), Arsy (tema-tema pemikiran keislaman populer yang tidak terlalu akademis), Hikmah (tema-tema akhlak, kesalehan, dan spiritualitas), Harakah (tema-tema pergeraka islam), dan Teraju (buku ajar dan hasil-hasil penelitian skripsi, tesis dan disertai dengan penekanan khusus pada kajian filsafat).
         Mizan, bagaimanapun mencoba konsisten untuk menawarkan buku-buku yang berbobot intelektual kepada masyarakat sebagai penerbit yang sudah melintang selama 21 tahun ini dan insya Allah telah menjadi lebih dewasa dan mudah-mudahan akanl lebih arif dan matang lagi di masa mendatang.

3.      Aspek dan kegiatan
Mizan merupakan penerbit yang lebih memfokuskan kepada buku-buku yang bersifat islmaiah.

4.      Visi dan misi
Sebagai suatu organisasi, Mizanmempunyai visi dan misi organisasi :
Visi : sebuah Ummang yang padu, kukuh, dewasa, terbuka dan kaya gagasan
Misi : untuk itut, sebisanya, dalam upaya pengembangan informasi serta sikap adil (fair) dan obyektif atas berbagai aliran, mazhab, dan pemikiran yang berkembang dkalangan persatuan dan persaudaraan besar islam.

5.      Devisi
Mizan memiliki 2 Devisi :
1.      Devisi Buku Utama (DBU)
Yaitu yang mengerjakan buku-buku dewasa
2.      Divis Anak Remaja
Merupakan divisi yang mengerjakan buku anak-anaka dan remaja. Selain mengerjakan buku, Divisi Anak dan Remaja juga mengerjakan novel, komik, poster, vandal, dan permainan anak muslim seperti ahlaq game, quartel haji, muammalaj game, dsb.

6.      Lini produk
Sebagai usaha bidang penerbitan, Mizan memiliki beberapa lini bidang produksi berdasarkan divisi, yaitu sebagai berikut :
Kelompok Mizan terdiri dari beberapa lini: penerbitan, distribusi, percetakan dan new media. Di bawah lini penerbitan terdapat beberapa penerbit, yang juga memiliki beberapa imprint di bawahnya. Penerbit Mizan, misalnya, memiliki Qanita, Kaifa, Mizania, dan beberapa imprint lain. Penerbit DAR!Mizan mengkhususkan diri pada prodauk anak dan remaja, dan miliki imprint  seperti CAB serta seri-seri terkenal seperti Kecil-Kecil Punya Karya (KKPK), Fantasteen, PinkBerry Club, Cerita Balita, dan lain-lain. Penerbit Bentang bermarkas di Yogyakarta dikenal dengan buku-buku novel, traveling, sastra dan budaya, juga memiliki imprint sepert BFirst, BentangBelia, dan lain-lain. Penerbit Noura menerbitkan berbagai genre buku mulai dari agama, sastra indonesia, fiksi fantasi, hingga anak-anak. Sementara itu, Penerbit Al-Mizan mengkhusukan diri pada penerbitan buku-buku wacana yang ditulis dengan serius dan akademis. Lalu, Penebit PelangiMizan berkonsentrasi pada penerbitan buku-buku lux dan dijual secara paket.
Di lini distribusi, kelompok Mizan memiliki Mizan Media Utama (MMU) yang mendistribusikan buku-buku Mizan secara luas ke toko-toko buku di Indonesia. MMU juga mengelola toko buku online  mizanstore.com serta penjualan e-book lewat pelbagai platform. Sementara itu, Mandira Dian Semesta (MDS) menditribusikan buku-buku lux yang dikemas dalam paket-paket menarik. Saat ini MDS memiliki ribuan book advisor yang berhubungan langsung dengan konsumen, baik melalui jaringan online maupun offline.
Pada lini media baru (new media), didirikanlah Mizan Productions yang khusus memproduksi film dan acara televisi. Film-film yang sukses di antaranya adalah Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Edensor, Garuda di Dadaku, Emak Ingin Naik Haji, 3Hati 2Dunia 1Cinta (memenangkan tujuh Piala Citra), Perahu Kertas, Mencari Hilal, dan lain-lain. Selain itu, pada lini new media ini dibentuklah Mizan Application Publishers yang memproduksi aplikasi-aplikasi interaktif, terutama untuk anak dan keluarga. Sementara itu, MizanMobile ditugaskan untuk mengembangkan content yang bisa disebarluaskan melalui telco (perusahaan telekomunikasi) dan dikonsumsi melalui handphone.
Kelompok Mizan juga didukung oleh unit perusahaan percetakan yang modern dan berkualitas, yaitu Mizan Grafika Sarana (MGS).
7.      Kriteria Pengajuan Naskah Nonfiksi  
Per 1 Januari 2012
Kriteria naskah:
1.      Isi naskah dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.
2.      Naskah ditulis secara logis dan sistematis dan karya asli.
3.      Belum pernah dipublikasikan penerbit lain.
4.      Memiliki rujukan yang jelas.
5.      Memiliki orisinalitas atau kebaruan.
6.      Memiliki peluang pasar (marketabilitas) yang bagus.
7.      Tulisan utuh/padu (monograf), bukan kumpulan tulisan.
8.      Bukan karya ilmiah (skripsi, tesis, disertasi).
Kriteria Pengajuan Naskah Novel
Per 1 Januari 2012
Kriteria naskah:
1.      Naskah harus karya asli
2.      Belum pernah dipublikasikan penerbit lain.
3.      Memiliki cerita yang unik dan tidak klise.
4.      Naskah ditulis dengan rapi (logis dan sistematis).
5.      Memiliki peluang pasar (marketabilitas) yang bagus.
6.      Tulisan utuh/padu (monograf), bukan kumpulan tulisan.
7.      Tidak menimbulkan kontroversi, terutama berhubungan dengan moral dan agama.
8.       Sertakan Sinopsis
Prosedur Pengajuan Naskah
(Jika naskah telah memenuhi kriteria tersebut di atas)
1.      Surat pengantar.
2.      CV (Daftar Riwayat Hidup) dengan alamat lengkap nomor telepon yang dapat dihubungi.
3.      Naskah: 1) Keseluruhan isi naskah, 2) Berupa fotokopi (bukan asli/master), hard-copy atau print-out (redaksi belum melayani naskah via email jikapun ya redaksi lebih    mendahulukan utk mengevaluasi naskah yg dikirim dalam bentuk hardcopy), diketik komputer (bukan ketikan mesin tik manual).
4.      Kirim ke:
Redaksi Penerbit Mizan
-U.p. Bpk. Andityas Prabantoro, redaksi tidak menerima naskah PUISI (untuk naskah
bertema keislaman dan dewasa (umum).
-U.p. Bpk. Benny Rhamdani (untuk naskah bertema umum (remaja), novel, cerpen, remaja, anak) persyaratan tambahan untuk naskah remaja dan anak: panjang naskah minimal 70 hal, maksimal 150 halaman, spasi satu, font times new roman 12pt, A4.
1.      Novel anak: petualangan yang seru dan lucu berbau detektif (modern, lincah, humor)
2.      Ilustrated book: kisah-kisah menakjubkan yang cocok buat anak.
3.      Buku penunjang pelajaran SD yang disajikan dengan gaya populer.
4.      Untuk lebih memahami trend saat ini silakan baca dan lihat produk2 terbaru DAR!
Alamat: Jl. Cinambo No. 135 (Cisaranten Wetan) Bandung 40294 Telp. (022) 7834310
Keterangan
1.      Jangka waktu evaluasi naskah kurang lebih 3 bulan. secara bertahap akan kami upayakan agar maksimal respons dalam waktu 1 bulan.
2.      Jika Redaksi menolak penerbitan naskah, akan kita kabari via surat atau telepon., bahan naskah tidak akan dikirimkan kembali kecuali disertai perangko yang mencukupi.
3.      Apabila naskah layak terbit, kami akan kabari via surat dan telepon dan dillanjutkan dengan pembuatan Surat Perjanjian Penerbitan.


C.    Penutupan
Pada bagian ini akan dikemukakan kesimpulan dan rekomendasi hasil kunjungan ke PT. Mizan
1.      Kesimpulan
Berdasarkan hasil kunjungan ke PT. Mizan dapat dikemukakann beberapa kesimpulan sebagai berikut :
Maka dari itu kepada mahasiswa denga jurusan Komukasi dan Penyiaran Islam umumnya dan khususnya kepada mahasiswa jurusan lain agar lebih meningkatkan kuliatas membaca, karena dalam membaca kita bisa menuangkan kedalam tulisan. Kemudian hasil dari tulisan yang dibuat bisa kita terbitkan ke industri penerbit.
2.      Referensi
Elib.unikom,
http://www.mizan.com/mizan-pustaka/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TugasBesarICT_NurFauziahSugianingrum_E8 https://drive.google.com/open?id=1F1oIcWCoEj3OYsAtbuIhxZ5yMIDK-tSI