Laporan Kunjungan ke Penerbit Mizan
A.
Pendahuluan
1.
Latar belakang
PT. Mizan adalah salahsatu lembaga
yang berisikan tentang kumpulam karya-karya
tulis yang dihasilkan oleh orang-orang ahli dalam penulisan, PT. Mizan adalah
lembaga penerbit buku terbesar yang menerbitkan buku-buku berjenis islami, buku
cerita anak, novel dewasa, novel terjemahan, komik dan lain-lain.
Komunikasi penyiaran islam adalah
salah satu jurusan yang melakuka program kunjungan ke PT Mizan yang diberikan
pada Mata kuliah Jurnalisme Dakwah. Mahasiswa lulusan Komunikasi dan Penyiaran
Islam dituntut untuk menghasilkan sebuah karya tulis yang dipublikasikan
diberbagai industri penerbit.
Berdasarkan permasalahan tersebut
dan dengan banyaknya manfaat dan peran sebagai penerbit maka kami melakukan
kunjungan ke PT.Mizan. kami berusaha memberikan gambaran keadaan lapangan yang
kami dapatkan saat mengunjung Penerbit Mizan dengan sebuah laporan umum tentang
kunjungan ke PT Mizan.
2.
Rumusan masalah
Merujuk pada latar belakang yang telah dikemukakan diatas, maka
masalah yang penulis rumuskan ialah
1.
Bagaimana
mahasiswa bisa menghasilkan karya yang dapat dipublikasikan di industri
penerbit
3.
Maksud dan tujuan kunjungan
Berdasarkan permasalahan yang dikunjungi, maka maksud dari penulis
tugas akhir ini adalah mempunyai tujuan khusus yang sangat bermanfaat bagi para
mahasiswa/i. Sedangkan tujuan kunjungan ini adalah :
a.
Tujuan
umum
1.
Untuk
mengetahui lebih dalam tentang proses percetakan yang ada di PT.Mizan
2.
Untuk
mengetahui pemahaman mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam tentang
Mizan Publishing House
3.
Untuk
memperluas pengetahuan yang dilakukan secara langsung mengunjungi tempat
industri penerbit
b.
Tujuan
khusus
1.
Untuk
memenuhi tugas mata kuliah Jurnalisme Dakwah
2.
Sebagai
bukti bahwa kami yang bersangkutan telah melakukan kunjungan ke tempat yang
ditentukan yaitu PT.Mizan.
4.
Manfaat kunjungan
a.
Bagi
mahasiswa
1.
Mendapatkan
ilmu yang luas dari percetakan buku-buku
2.
Mendapatkan
berbagai macam informasi aktual atau isu-isu kekinian yang terkait dengan
pembuatan buku
3.
Mendapat
gambaran sebagai penulis yang handal
b.
Bagi
jurusan Kmonukasi dan Penyiaran Islam
1.
Dijadikan
laporan sebagai akreditasi jurusan
2.
Mendapatkan
informasi seputar kebijakan-kebijakan industri penerbit
5.
Pelaksanaan Kunjungan
Kegiatan ini
dilaksankan pada hari Kamis, 14 Desember 20117, dari mulai 10.30 WIB hingga
selesai yang bertempat di Jl. Cinambo No. 135, Cisaranten wetan, Cinambo, Kota
Bandung, Jawa Barat 40293. Peserta kunjungan terdiri sekitar kurang lebih 125
mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, dibimbing oleh Dr. Uwes
Patoni, M.Ag Peserta beranhkat dari kampus sekitar pukul 10.00 WIB, tiba di PT.
Mizan pukul 10.20. Menunggu beberapa menit acara pun langsung dimulai.
B.
Gambaran umum lembaga
1.
Profil singat PT. Mizan
Mizan
Pustaka merupakan bagian dari Mizan Publika Group, salah satu penerbitan
terbesar di Indonesia. Didirikan pada tahun 1983, publikasi awal terutama
berupa buku terjemahan karya para pemikir terkemuka. Kini, Mizan Pustaka adalah
penerbit yang berbasis luas dengan kekuatan dalam genre fiksi, kesehatan, buku
bisnis, buku anak-anak, referensi, agama, dan non-fiksi populer.
Sebagai
salah satu penerbit terkemuka di Indonesia, Mizan Pustaka membawa sejarah
penerbitan yang membanggakan. Dari hanya tiga buku per bulan pada tahun-tahun
pertamanya, Kelompok Mizan kini telah memproduksi total sekitar 600 buku per
tahun dan berhasil menerbitkan banyak karya laris. Di dalam kelompok
penerbitannya terdapat beberapa imprint dan lini seperti Qanita, Kaifa,
Mizania, dan DAR! Mizan untuk buku anak dan remaja.
Mizan
Pustaka memiliki reputasi dalam keunggulan kualitas produk serta komitmen pada
pelayanan. Keahlian editorial kami, standar yang tinggi dalam desain dan
nilai-nilai mendorong kami untuk bekerja keras memproduksi buku-buku terbaik.
Berbagai buku yang diterbitkan oleh Mizan Pustaka telah secara teratur
memenangkan penghargaan dari Asosiasi Penerbit Buku Indonesia. Banyak di antara
karya penulis kami menempati daftar buku terlaris nasional dan penerima hadiah
sastra besar di Indonesia.
Mizan
Pustaka secara konsisten berada di garis depan dalam inovasi dan mengikuti
perkembangan teknologi, Mizan Pustaka adalah penerbit Indonesia pertama yang
menjadi mitra utama Google Book Search pada tahun 2008, dan sekarang siap untuk
mendigitalkan konten dan produk sebagai e-book untuk memenuhi permintaan
konsumen dan menghasilkan peluang bisnis tambahan.
PT Mizan Pustaka
Jln. Cinambo 135. Cisaranten Wetan,
Bandung 40294, Indonesia
Phone: +62 22 7834310
Fax: +62 22 7834311
2.
Sejarah PT. Mizan
Mizan berarti
“timbangan atau keseimbangan”. Secara epistemologi berarti upaya untuk-seperti
sebuah hadits memngut hukmah, sebagai barang peninggalan kaum muslim yang
hilang, dimana saja ditemukan
Mizan adalah salah satu penerbitan
terbesar di Indonesia. Yang didirikan pada tahun 1983, Mizan didirikan oleh
sejumlah anak muda yang mendambakan sebuah kehidupan yang lebih baik bagi
dirinya dan lingkungannya. Sebuah kehidupan yang hidup penuh dengan semangat
keterbukaan dan tenggang rasa. Berbagai hikmah yang tercecer dipungut dan
dikemas keudian disajikan dalam bentuk buku bagi mereka yang haus akan
pemikiran-pemikiran segar yang membawa perubahan dari kemajuan. Mizan dengan
cepat menyedot eprhatian pembaca muslm dengan buku pertamanya, Dialog Sunah-Syiah
yang menjadi best seller dan pemberi citra Mizan sebagai penerbit Syi’ah,
dan banyak judul buku yang diterbitkan karya-karya berbagai komunitas.
Belakangan, pada
1990-an arah wacana dipilih Mizan yakni pemikiran-pemikiran islam populer yang
mengedepankan pemikiran rasional. Akan tetapi Mizan tidak meninggalkan sama
sekali ceruk-ceruk lama yang pernah digarapnya, dengan cara membangun anak-ana
penerbit yang menyasar tema-tema dan segmen-segmen khusus, yakni Al-Bayan
(tema-tema keislaman praktis), Arsy (tema-tema pemikiran keislaman
populer yang tidak terlalu akademis), Hikmah (tema-tema akhlak,
kesalehan, dan spiritualitas), Harakah (tema-tema pergeraka islam), dan Teraju
(buku ajar dan hasil-hasil penelitian skripsi, tesis dan disertai dengan
penekanan khusus pada kajian filsafat).
Mizan, bagaimanapun
mencoba konsisten untuk menawarkan buku-buku yang berbobot intelektual kepada
masyarakat sebagai penerbit yang sudah melintang selama 21 tahun ini dan insya
Allah telah menjadi lebih dewasa dan mudah-mudahan akanl lebih arif dan matang
lagi di masa mendatang.
3.
Aspek dan kegiatan
Mizan merupakan penerbit yang lebih memfokuskan kepada buku-buku
yang bersifat islmaiah.
4.
Visi dan misi
Sebagai suatu organisasi, Mizanmempunyai visi dan misi organisasi :
Visi : sebuah Ummang yang padu, kukuh, dewasa, terbuka dan kaya
gagasan
Misi : untuk itut, sebisanya, dalam upaya pengembangan informasi
serta sikap adil (fair) dan obyektif atas berbagai aliran, mazhab, dan
pemikiran yang berkembang dkalangan persatuan dan persaudaraan besar islam.
5.
Devisi
Mizan memiliki 2 Devisi :
1.
Devisi
Buku Utama (DBU)
Yaitu yang
mengerjakan buku-buku dewasa
2.
Divis
Anak Remaja
Merupakan divisi yang mengerjakan
buku anak-anaka dan remaja. Selain mengerjakan buku, Divisi Anak dan Remaja
juga mengerjakan novel, komik, poster, vandal, dan permainan anak muslim
seperti ahlaq game, quartel haji, muammalaj game, dsb.
6.
Lini produk
Sebagai
usaha bidang penerbitan, Mizan memiliki beberapa lini bidang produksi
berdasarkan divisi, yaitu sebagai berikut :
Kelompok
Mizan terdiri dari beberapa lini: penerbitan, distribusi, percetakan dan new
media. Di bawah lini penerbitan terdapat beberapa penerbit, yang
juga memiliki beberapa imprint di bawahnya. Penerbit
Mizan, misalnya, memiliki Qanita, Kaifa, Mizania, dan beberapa imprint lain.
Penerbit DAR!Mizan mengkhususkan diri pada prodauk anak dan remaja, dan miliki imprint seperti
CAB serta seri-seri terkenal seperti Kecil-Kecil Punya Karya (KKPK),
Fantasteen, PinkBerry Club, Cerita Balita, dan lain-lain. Penerbit Bentang
bermarkas di Yogyakarta dikenal dengan buku-buku novel, traveling,
sastra dan budaya, juga memiliki imprint sepert BFirst,
BentangBelia, dan lain-lain. Penerbit Noura menerbitkan berbagai genre
buku mulai dari agama, sastra indonesia, fiksi fantasi, hingga anak-anak.
Sementara itu, Penerbit Al-Mizan mengkhusukan diri pada penerbitan buku-buku
wacana yang ditulis dengan serius dan akademis. Lalu, Penebit PelangiMizan
berkonsentrasi pada penerbitan buku-buku lux dan dijual secara paket.
Di lini
distribusi, kelompok Mizan memiliki Mizan Media Utama (MMU) yang
mendistribusikan buku-buku Mizan secara luas ke toko-toko buku di Indonesia.
MMU juga mengelola toko buku online mizanstore.com serta penjualan
e-book lewat pelbagai platform. Sementara itu, Mandira Dian Semesta (MDS)
menditribusikan buku-buku lux yang dikemas dalam paket-paket menarik. Saat ini
MDS memiliki ribuan book advisor yang berhubungan
langsung dengan konsumen, baik melalui jaringan online maupun offline.
Pada
lini media baru (new media), didirikanlah Mizan
Productions yang khusus memproduksi film dan acara televisi. Film-film yang
sukses di antaranya adalah Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Edensor, Garuda
di Dadaku, Emak Ingin Naik Haji, 3Hati 2Dunia 1Cinta (memenangkan
tujuh Piala Citra), Perahu Kertas, Mencari Hilal, dan
lain-lain. Selain itu, pada lini new media ini dibentuklah Mizan
Application Publishers yang memproduksi aplikasi-aplikasi interaktif, terutama
untuk anak dan keluarga. Sementara itu, MizanMobile ditugaskan untuk
mengembangkan content yang bisa disebarluaskan
melalui telco (perusahaan
telekomunikasi) dan dikonsumsi melalui handphone.
Kelompok
Mizan juga didukung oleh unit perusahaan percetakan yang modern dan
berkualitas, yaitu Mizan Grafika Sarana (MGS).
7. Kriteria Pengajuan Naskah Nonfiksi
Per 1 Januari 2012
Kriteria naskah:
1. Isi naskah dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.
2. Naskah ditulis secara logis dan sistematis dan karya asli.
3. Belum pernah dipublikasikan penerbit lain.
4. Memiliki rujukan yang jelas.
5. Memiliki orisinalitas atau kebaruan.
6. Memiliki peluang pasar (marketabilitas) yang bagus.
7. Tulisan utuh/padu (monograf), bukan kumpulan tulisan.
8. Bukan karya ilmiah (skripsi, tesis, disertasi).
Kriteria Pengajuan Naskah Novel
Per 1 Januari 2012
Kriteria naskah:
1. Naskah harus karya asli
2. Belum pernah dipublikasikan penerbit lain.
3. Memiliki cerita yang unik dan tidak klise.
4. Naskah ditulis dengan rapi (logis dan sistematis).
5. Memiliki peluang pasar (marketabilitas) yang bagus.
6. Tulisan utuh/padu (monograf), bukan kumpulan tulisan.
7. Tidak menimbulkan kontroversi, terutama berhubungan dengan moral dan agama.
8. Sertakan Sinopsis
Prosedur Pengajuan Naskah
(Jika naskah telah memenuhi kriteria tersebut di atas)
1. Surat pengantar.
2. CV (Daftar Riwayat Hidup) dengan alamat lengkap nomor telepon yang dapat
dihubungi.
3. Naskah: 1) Keseluruhan isi naskah, 2) Berupa fotokopi (bukan asli/master),
hard-copy atau print-out (redaksi belum melayani naskah via email jikapun ya
redaksi lebih mendahulukan utk mengevaluasi naskah yg dikirim
dalam bentuk hardcopy), diketik komputer (bukan ketikan mesin tik manual).
4. Kirim ke:
Redaksi Penerbit Mizan
-U.p. Bpk. Andityas Prabantoro, redaksi tidak menerima naskah PUISI (untuk
naskah
bertema keislaman dan dewasa (umum).
-U.p. Bpk. Benny Rhamdani (untuk naskah bertema umum (remaja), novel,
cerpen, remaja, anak) persyaratan tambahan untuk naskah remaja dan anak:
panjang naskah minimal 70 hal, maksimal 150 halaman, spasi satu, font times new
roman 12pt, A4.
1. Novel anak: petualangan yang seru dan lucu berbau detektif (modern, lincah,
humor)
2. Ilustrated book: kisah-kisah menakjubkan yang cocok buat anak.
3. Buku penunjang pelajaran SD yang disajikan dengan gaya populer.
4. Untuk lebih memahami trend saat ini silakan baca dan lihat produk2 terbaru
DAR!
Alamat: Jl. Cinambo No. 135 (Cisaranten Wetan) Bandung 40294 Telp. (022) 7834310
Keterangan
1. Jangka waktu evaluasi naskah kurang lebih 3 bulan. secara bertahap akan
kami upayakan agar maksimal respons dalam waktu 1 bulan.
2. Jika Redaksi menolak penerbitan naskah, akan kita kabari via surat atau
telepon., bahan naskah tidak akan dikirimkan kembali kecuali disertai perangko
yang mencukupi.
3. Apabila naskah layak terbit, kami akan kabari via surat dan telepon dan
dillanjutkan dengan pembuatan Surat Perjanjian Penerbitan.
C.
Penutupan
Pada bagian ini akan dikemukakan
kesimpulan dan rekomendasi hasil kunjungan ke PT. Mizan
1.
Kesimpulan
Berdasarkan hasil kunjungan ke PT. Mizan dapat dikemukakann
beberapa kesimpulan sebagai berikut :
Maka dari itu kepada mahasiswa denga
jurusan Komukasi dan Penyiaran Islam umumnya dan khususnya kepada mahasiswa
jurusan lain agar lebih meningkatkan kuliatas membaca, karena dalam membaca
kita bisa menuangkan kedalam tulisan. Kemudian hasil dari tulisan yang dibuat
bisa kita terbitkan ke industri penerbit.
2.
Referensi
Elib.unikom,
http://www.mizan.com/mizan-pustaka/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar